Thursday, January 23, 2014
Sekilas Tentang Flowchart
Anda masih di empat mata ketemu lagi dengan saya "Tukul Arwana" hahahaha..
beberapa bulan yang lalu saya meningglkan tulisan-tulisan yang mungkin bisa bermakna untuk para pembaca, dan hari ini saya akan kembali menulis dan membahas tentang "diagram alir flowchart".
diagram alir flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut.
biasanya seorang programmer menggunakan diagram alir ini untuk melihat proses atau masalah yang terjadi dalam project pembuatan programnya, di samping itu diagram alir flowchart ini juga membantu untuk memudahkan merancang/mendesign sebuah program. banyak fungsi yang bisa di manfaatkan dalam diagram alir ini khususnya untuk di bidang programmer. jadi sangat di anjurkan untuk programmer-programmer pemula untuk mempeljari ini
berikut ini adalah simbol-simbol umum yang sering di gunakan dalam flowchart :
Simbol
|
Kegunaan
|
Keterangan
|
Terminasi
|
Menunjukan
awal atau akhir dari proses
|
|
Masukan
/ keluaran data
|
di
gunakan untuk memasukan atau mengeluarkan data yang ingin di proses
|
|
Proses
|
Menyatakan
proses yang akan di tampilkan dalam diagram alir
|
|
Pengambil
keputusan
|
Simbol
ini digunakan untuk penentuan suatu kondisi terdiri dari kondisi benar atau
salah
|
|
Garis
alir
|
Simbol
ini digunakan untuk menunjukan aliran proses
|
|
pembaca kan sudah tahu nih, simbol-simbol dasar dalam diagram alir flowchart, disini saya akan mencoba menggambarkan sebuah diagram alir untuk mencari bilangan genap/ganjil. berikut ini adalah contoh hasil implementasinya :
Secara sederhana saya akan menjelaskan alur proses dari gambar di atas :
1. saat program mulai berjalan user/pemakai akan di suruh untuk memasukkan sebuah bilangan
2. pada tahap kondisi memiliki pernyataan benar dan salah, dimana kondisinya yaitu jika bilangan yang di
masukkan habis di bagi sama dengan 0 maka program akan mengeluarkan tulisan bahwa bilangan itu
adalah genap jika tidak maka dia adalah bilangan ganjil
3. setelah mendapatkan hasil dari kondisi yang sudah di tetapkan maka program akan berakhir
cukup sekian dari tulisan sederhana saya. semoga bisa bermanfaat bagi pembaca ;)
Simbol
Kegunaan
Keterang
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
Flowchartnya bilangan prima dulu say....!!! ^_^
ReplyDelete